Wednesday, July 29, 2009

RE: {HHRMA~Bali} Mohon bisa bertukar pikiran...

 

Dear Endra,

 

Saya bukan dari human resource department, tapi ijinkanlah saya memberikan sedikit komentar.

Tentang sistem perekrutan di perhotelan, saya rasa wajar kalau yang diprioritaskan adalah yang mempunyai background perhotelan.

Inipun tidak menjamin kita akan pasti diterima kok, karena akan disesuaikan dengan persyaratan lain dari perusahaan bersangkutan.

Saya yakin sistem ini juga berlaku di bidang usaha yang lain dan apabila Mas Endra mempunyai pengalaman yang kurang mengenakkan, mohon jangan patah semangat dan bersabar aja karena tidak semua HR seperti itu.

 

Sekedar informasi, untuk menjalani interview memang ada tips2 dasar yang perlu kita pelajari dulu, dan gagal dalam suatu interview adalah merupakan pengalaman yang sangat berharga, sehingga Mas Endra bisa menganalisa apa kira-kira yang masih bisa ditingkatkan lagi untuk interview berikutnya. Yang sudah berlalu biarkanlah berlalu, karena itu bukan urusan Anda untuk memperbaiki sistem di tempat bersangkutan, ya khan? Keep positive thinking aja.

 

Bagi rekan-rekan HRD dan yang lain juga, mungkin pengalaman Mas Endra ini, bisa kita jadikan pelajaran supaya bisa bekerja lebih profesional lagi.

 

Semoga bisa membantu dan mohon maaf kalau ada kata-kata saya yang kurang berkenan.

 

Terima kasih,

Iwan


From: HHRMA-Bali@yahoogroups.com [mailto:HHRMA-Bali@yahoogroups.com] On Behalf Of endra
Sent: Wednesday, July 29, 2009 10:46 AM
To: HHRMA-Bali@yahoogroups.com
Subject: {HHRMA~Bali} Mohon bisa bertukar pikiran...

 

 

Dear pembaca..

Perkenalkan,saya adalah seorang pekerja di bidang swasta khususnya retail sebagai Store Supervisor di kawasan sebuah kawasan wisata di bali,usia saya saat ini 28 tahun.
Saya ingin saran maupun masukan dari teman teman pembaca yang budiman..
beberapa waktu yang lalu saya mendapat panggilan melalui telepon dr salah satu hotel beinisial "A" untuk mengikuti interview(lamaran sudah 4 bulan yg lalu saya kirim)dan disuruh menghubungi seseorang yang nantinya akan menginterview saya dan tidak lupa saya disuruh membawa CV (curriculum vitae)lg krn lamaran saya pada saat itu via email,berhubung sedikit lupa saya juga bertanya dibagian apa waktu itu saya melamar?kemudian dijawab "oo...accounting pak.oke sya akan datang begitu jawab saya dengan mantap..
Singkat kata dengan keinginan saya yg besar untuk bisa bekerja dibidang perhotelan saya pun meluangkan waktu kerja saya untuk mengikuti interview.sesampainya disana saya pun menghubungi orang tersebut,saya pun dipersilahkan duduk,kemudian CV saya dibuka & diperiksa.
Namun....dengan sedikit terkejut beliau bertanya "bapak melamar di bagian apa ya?saya katakan accounting sesuai dengan jawaban yg diberikan pihak penelpon kemarin kepada saya.
"mohon maaf pak,kalau dibagian accounting ijazah S1 saya tidak cukup support( Background saya S1 salah satu perguruan tinggi negeri di bali) dengan bagian yg ingin saya lamar,mungkin lain waktu kita bisa bekerja sama lagi begitu sahutnya..its ok kata saya.
Singkat kata saya pun pulang,namun.....yg menjadi pertanyaan saya :

Apakah memang begitu system/tekhnis perekrutan karyawan di hotel tersebut?antara pihak penelpon dan yang menerima saya sama sama tidak "sejalan"??saran dr saya,mungkin alangkah lebih baik kalau memang secara administrasi kita tidak memenuhi persyaratan pihak pelamar tidak usah dihubungi bukan??bukan dengan setelah pihak pelamar datang kesana.
Seharusnya pihak hotel mempertimbangkan waktu yg telah saya luangkan kesana "hanya"untuk membawa CV yang notabene telah saya kirim sebelumya via email.

Apakah semua orang yg bekerja di bidang perhotelan sesuai dengan background pendidikan mereka??saya pesimis kalau jawabannya "iya".semua pekerjaan perlu dipelajari terlebih dahulu bukan??

Mohon maaf,jika ada kata kata saya yg mungkin menyinggung salah satu pihak,tapi dalam hal ini sya hanya ingin kita lebih profesional didalam maelakukan pekerjaan kita.

Suksma



I am using the Free version of SPAMfighter.
We are a community of 6 million users fighting spam.
SPAMfighter has removed 10232 of my spam emails to date.
The Professional version does not have this message.

__._,_.___
Milis Hotel Human Resources Managers Association Bali
�~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~�
Anda menerima pesan ini karena Anda tergabung pada grup http://groups.yahoo.com/group/HHRMA-Bali/
Untuk mengirim pesan ke grup ini, kirim email ke HHRMA-Bali@yahoogroups.com
Untuk keluar dari grup ini, kirim email ke HHRMA-Bali-unsubscribe@yahoogroups.com
�~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~�
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

.

__,_._,___