Friday, July 31, 2009

RE: {HHRMA~Bali} Mohon bisa bertukar pikiran...

 

Sudah tentu tidak semua jabatan di perhotelan bisa diisi oleh tamatan sekolah perhotelan. Misalnya jabatan-jabatan di bagian Engineering. Sampai saat ini di Indonesia belum ada sekolah perhotelan yg memiliki jursan Engieering perhotelan. Selain Engineering ada bberapa jabatan lain di HRD, IT, Sales dan accounting yg bisa diisi oleh lulusan non perhotelan, asalkan pelamar tsb memiliki niat dan pengalaman yg memadai di bidang yg lowong (misal pengalaman on the job training).

Sering sekali terjadi, pelamar lulusan non perhotelan tidak mengetahui jabatan yg diinginkannya. Sehingga di dalam surat lamaran akan ditulis "melamar pekerjaan apa saja yang lowong". Pelamar yg tidak mencantumkan pekerjaan yg dia inginkan akan membuang-buang waktu petugas yg memeriksa surat lamaran.

Bisa juga diartikan si pelamar ini orang yg serba bisa, sehingga berani melamar "jabatan apa saja" (kenyataannya tidak ada calon yg baru lulus S1 atau pun S2 dari perguruan tinggi menguasai semua bidang perhotelan). Sebaliknya bisa juga dianggap pelamar tersebut samasekali tidak memiliki pengetahuan dan pemahaman ttg perhotelan. Sehingga, surat lamarannya akan berakhir di tong sampah sebelum dibaca. Walaupun lulusan S1, di dalam hal demikian akan kalah bersaing dg lulusan SMK bahkan untuk hanya sekedar mendapat kesempatan interview.

Oleh karena itu, bagi lulusan non perhotelan yang berminat bekerja di perhotelan, saya sarankan untuk mencari kesempatan on the job training terlebih dahulu diperhotelan sebelum mengajukan lamaran pekerjaan. Bagi yg sudah pernah on the job training, sebutkan bidang jabatan yang anda inginkan dengan jelas saat menulis surat lamaran.

Mudah-mudahan dengan begitu anda yg lulusan non perhotelan bisa bersaing dan dipertimbangkan untuk mendapatkan kesempatan kerja di perhotelan.

Regards,

Wayan Nawa

sent from my gratis i780 supergenius mobilephone thru surprisingly very slow unlimited Telkomselflash connection ® all rights not reserved

__._,_.___
Milis Hotel Human Resources Managers Association Bali
'~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~'
Anda menerima pesan ini karena Anda tergabung pada grup http://groups.yahoo.com/group/HHRMA-Bali/
Untuk mengirim pesan ke grup ini, kirim email ke HHRMA-Bali@yahoogroups.com
Untuk keluar dari grup ini, kirim email ke HHRMA-Bali-unsubscribe@yahoogroups.com
'~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~'
Recent Activity
Visit Your Group
Y! Messenger

Group get-together

Host a free online

conference on IM.

Yahoo! Groups

Do More For Dogs Group

Join a group of dog owners

who do more.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Schizophrenia groups

Find support

.

__,_._,___