Tuesday, September 22, 2015

{HHRMA~Bali} GUEST-Service_Complaint-Revenue

 

Salam Sahabat Hotelier,

Disebuah pelatihan di hotel A ketika saya melakukan pelatihan in house, hati saya terketuk dengan jawaban jawaban para peserta juga jajaran management ketika saya bertanya Mengapa tamu meninggalkan kita? Beragam jawaban terlontar dan saya mengatakan semua benar dan tak ada yang salah. Hanya nilainya masih MERAH.

1. Ada yang mengatakan para pekerja sudah ujur. TUA. karena sudah bergabung rata2 diatas 7 tahun. Jadi tamu tidak tertarik. lalu saya bertanya, bagaimana dengan orang tua kita yang merawat kita sedari kecil? Bukankah merek sudah tua juga ketika masih merawat kita? aTAU BARANGKALI Anda dan jajaran Management Anda pun sudah tua. Lho...lho kok sama sama tua saling menuding..(.Mereka terdiam)

2. Jawaban lain mengatakan bangunan hotel sudah tua sedangkan banyak hotel baru menjamur.Saya menjawab lagi, bukankah rumah orang tua kita juga sudah tua,beberapa masih berdingding papan, lalu mengapa kita selalu berkunjung ke rumah orang tua kita tersebut. Anda melihat rumah atau orang tua  Anda atau sejkaligus duanya sambil bernostalgia..

3. Ada yang mengatakan produk tidak bagus. Lalu bagai mana pula masakan Ibu dirumah? Apakah ada menyediakan MENU seperti di hotel Anda

4. Pelayanan Lambat sehingga tamu pergi ke tempat yang cepat saji. Nah, bagaimana dengan nenek/ kakek yang sudah renta..apakah Anda mengabaikan mereka?

5. Karyawan dan management tidak mau tahu dengan tamu. Nah...kalo ini baru saya setuju. Cash..Rp. 500.000,- buat karyawan tadi. lalu saya bertanya..Apakah Anda termasuk didalammnya? Cash sudah saya berikan dan pastinya saya tidak minta lagi..wkwkwkwkwk...Bagaimana kalo anda bertamu diCUEKIN?

LALU apakah menurut Anda SUBJECT diatas? Semoga bermanfaat buat semua rekan Indonesia dan dapat mengimplementasikannya secara EKSAKTA HOTEL.
 
HERMAN MUNTHE  
Human Resources & Training Development HAMMA Consulting

Office| 
Jl. Jl. Letjend DjaminGinting Km. 7,5 No. 222 Padang Bulan - Medan North Sumatera - Indonesia
Telp. +62.61 8368777 Fax. +62.61 8365282|
 Telp.+62 - 812 6472 699 | +62 - 821 67352406| herman_munthe@yahoo.com
All my contact only use above address in business

__._,_.___

Posted by: HERMAN MUNTHE <herman_munthe@yahoo.com>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Milis Hotel Human Resources Managers Association Bali
�~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~�
Anda menerima pesan ini karena Anda tergabung pada grup http://groups.yahoo.com/group/HHRMA-Bali/
Untuk mengirim pesan ke grup ini, kirim email ke HHRMA-Bali@yahoogroups.com
Untuk keluar dari grup ini, kirim email ke HHRMA-Bali-unsubscribe@yahoogroups.com
�~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~�

.

__,_._,___